Monday, October 7, 2013

Studi Kasus P3

Studi Kasus
1.Kasus sederhana diagram aktivitas untuk sistem Order. 
Diagram diawali dengan start point status awal dan kemudian melakukan aksi terima order. Kemudian kegiatan isi order dan kirim faktur dapat dilakukan secara paralel. Setelah kirim faktur dilakukan terima pembayaran dan setelah isi order terdapat dua pilihan jenis pengiriman yaitu pengiriman semalam (jenis kilat) atau pengiriman biasa(jenis normal). Selanjutnya diakhiri oleh aksi tutup order.
Buatlah diagram aktivitasnya sesuai dengan soal diatas

2. Kasus pendaftaran siswa
Prosedur penerimaan siswa pada Madrasah abc saat ini masih bersifat manual, adapun prosedurnya adalah sebagai berikut:

Prosedur Pembelian Formulir Dalam proses melakukan pendaftaran maka calon siswa datang ke sekolah lalu menemui bagian pendaftaran dan membeli formulir pendaftaran. Bagian pendaftaran mencatat di buku pendaftaran.

Prosedur Mengembalikan Formulir Pendaftaran Setelah formulir diisi semuanya, calon siswa mengembalikannya ke sekolah dan mendatangi bagian pendaftaran. Bagian pendaftaran memberikan bukti pendaftaran dan menyimpan.

Prosedur Pembayaran
Calon siswa membawa bukti nomor pendaftaran lalu mendatangi bagian tata usaha untuk melakukan pembayaran. Bagian tata usaha memberikan kwitansi dan menyimpan bukti pembayaran itu.

Prosedur Laporan Penerimaan Siswa Baru
Setelah jadwal penerimaan siswa baru ditutup, maka bagian pendaftaran membuat laporan kepada Bagian Waka UR Kesiswaan.
Buatlah diagram aktivity dari sistem diatas

3. Kasus penyewaan mobil pada sebuah perusahaan
PT. Bendi Car adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan mobil. Semua transaksi di perusahaan masih dilakukan secara manual. Berikut ini adalah proses bisnis sistem penyewaan mobil pada perusahaan Bendi Car :
1. Prosedure peminjaman
Penyewa mobil yang ingin melakukan peminjaman dapat melihat harga penyewaan mobil pada daftar harga sewa mobil. Penyewa dapat menggunakan jasa supir atau tidak sesuai dengan kebutuhan penyewa sendiri. Setiap jenis kendaraan memiliki harga sewa yang berbeda-beda begitu juga harga sewa jasa sopir untuk daerah Jabodetabek dan diluar jabodetabek pun berbeda. Setelah itu penyewa mengisi Formulir Penyewaan (FS) disertai fotocopy identitas diri. Kemudian Formulir penyewaan yang telah diisi beserta pelunasan pembayaran diserahkan kepada petugas kemudian petugas membuatkan kwitansi pembayaran sebagai bukti pembayaran.
2. Prosedure pengembalian Pada saat pengembalian kendaraan oleh penyewa, petugas membawa Formulir Pengembalian dan memeriksa kondisi kendaraan apakah terdapat kerusakan atau tidak. Bila ada (misalnya spion pecah, body penyok, cat tergores, dll), maka diperhitungkan penggantiannya dan dibebankan kepada penyewa. Bila tidak rusak/terlambat maka tidak perlu mengisi Formulir pengembalian. Namun Bila penyewa terlambat dalam pengembalian, maka jumlah keterlambatan mobil dan sopir akan dibebankan kepada penyewa. Setelah membayar kerusakan dan keterlambatan, maka petugas membuatkan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran denda
3. Prosedure laporan
Diakhir bulan petugas membuat laporan penyewaan berikut denda atas kerusakan atau keterlambatan yang terjadi dan laporan kendaraan. Laporan tersebut diserahkan ke pemilik penyewaan Bendi car
Buatlah diagram aktivity dari sistem diatas


DOWNLOAD JAWABAN

1 comments:

  1. jAWABAN DARI SYUDI KASUS 1 DENGAN GAMBAR ACTIVITY DIAGRAMNYA BAGIMANA

    ReplyDelete