Tuesday, October 8, 2013

PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)


- Merefleksikan Model Mental User
Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum
- Explicit and Implied Action
a. Explicit actions
Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek.
b. Implied actions
Kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.

- Direct Manipulation
User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.
- User Control
Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.
- Feedback and Communication
Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.
- Consistency
User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain
- WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
- Aesthetic Integrity
Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.

0 comments:

Post a Comment