Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :
1. Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3. Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.
Flowchart terdiri dari tiga struktur :
Contoh :
Contoh :
3. Stuktur Looping
Contoh :
Catatan :
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.
Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya.
Contoh menggambarkan pemberian harga suatu
variabel :
X = 5 variabel X diberi harga sebesar 5
Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk :
C= P - Q Variabel C diberi harga sebesar harga var.
P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada)
N = N + 1 Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1)
S =S + T Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T.
Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu :
Variabel Numerik/bil., Variabel untai kata/string,
Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II)
Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read,
0 comments:
Post a Comment